Famous

Backgrounds
Fashion Backgrounds
Glitter Text Generator

Jumat, 08 Mei 2009

Functional Business System Ge Power

Sistem Fungsional bisnis yaitu:
Berbagai jenis sistem informasi (pemrosesan transaksi, informasi manejemen, pendukung keputusan dan lain-lain) yang mendukung berbagai fungsi bisnis seperti akuntansi keuangan, pemasaran dan manejemen operasi dan manejemen sumber daya manusia.

Ge Power System
Pemimpin global dalam produksi sistem pengendalian pembangkit listrik elektrik.

Sistem pemasaran
Sistem informasi pemasaran memberi teknologi informasi yang mendukung berbagai komponen utama dari fungsi pemasaran.


Pemasaran interaktif
Ditemukan untuk mendeskripsikan proses pemasaran yang berfokus pada pelanggan, yang berdasarkan pada penggunaan internet, intranet, dan ekstranet untuk membuat transaksi dua arah antara perusahaan dengan para pelanggan atau calon pelanggannya.Caranya melalui teknologi internet, termasuk sistem perbincangan dan kelompok diskusi, formulir dan kuesioner Web ,pesan instan dan korespondensi e-mail.
Harapan mengenai hasil dari pemasaran interaktif adalah campuran yang kaya dari data penting pemasaran, ide-ide produk baru, penjualan yang banyak dan hubungan pelanggan yang kuat.

Pemasaran yang bersasaran (targeted marketing)
Merupakan konsep manejemen dan iklan yang meliputi lima komponen sasaran:
1.Komunitas: Pesan iklan dan metode promosi Web mereka untuk muncul di depan orang-orang dalam komunitas tertentu.
2.Isi : Papan iklan elektronik yang diletakkan di berbagai situs Web selain Web milik perusahaan sendiri.
3.Konteks : Iklan muncul dalam halaman Web yang relevan dengan isi produk atau jasa.
4.Demografis/fisiografis : Usaha pemasaran melalui Web dapat ditujukan hanya untuk jenis kelompok-kelompok manusia.
5.Perilaku Online : Usaha iklan dan promosi dapat dibentuk setiap adanya kunjungan ke suatu situs oleh manusia. Hal ini memudahkan perusahaan untuk menelusuri perilaku online di Web agar usaha-usaha pemasaran dapat ditujukan ke orang tersebut setiap kali berkunjung ke situs Web mereka.
Alat penting dalam mengembangkan strategi iklan dan promosi untuk memperkuat usaha e-commerce perusahaan ,serta lokasi bisnis tradisional perusahaan.

Sistem produksi
Sistem informasi produksi mendukung fungsi produksi/operasi yang meliputi semua aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian proses menghasilkan barang atau jasa. Biasanya digunakan untuk manejemen operasi dan pemrosesan transaksi pendukung semua perusahaan yang harus merencanakan ,memonitor dan mengendalikan persediaan, pembelian , serta arus barang dan jasa.Contoh perusahaan yang menggunakan sistem informasi produksi / operasi adalah perusahaan transportasi, grosir, peritel, lembaga keungan dan perusahaan jasa.
CIM – Computer Integrated Manufacturing (Manufaktur terintegrasi dengan komputer)
Berbagai sistem informasi produksi,banyak dijalankan melalui Web ,digunakan untuk mendukung manufaktur terintegrasi dengan komputer. CIM adalah konsep umum yang menekankan bahwa tujuan dari sistem berbasis komputer dalam produksi harus untuk:
1.Menyederhanakan (merekayasa ulang) proses produksi,desain produk,dan organisasi pabrik sebagai dasar yang penting untuk otomatisasi serta integrasi.
2.Pengotomatisan proses produksi dan berbagai fungsi bisnis yang mendukung mereka melalui komputer, mesin, dan robot.
3.Perintegrasian semua proses produksi dan pendukung dengan menggunakan jaringan komputer, software lintas fungsi bisnis, serta teknologi informasi lainnya.
Tujuan umum CIM dan sistem informasi semacamnya- untuk menciptakan proses produksi yang fleksibel dan lincah ,yang secara efisien menghasilkan berbagai produk berkualitas tinggi (TQM).

Sistem CAE – computer – aided engineering dan CAD – computer – aided design adalah sistem komputer yang banyak digunakan untuk membantu para teknisi mendesain produk yang lebih baik., untuk proses produksi yang lebih baik menggunakan computer – aided process planning.
Untuk membantu merencanakan berbagai jenis bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi MRP – manufacturing resources planning. (contoh lain ERP).

Sistem CAM – computer – aided manufacturing adalah berbagai sistem yang mengotomatisasi proses produksi. Contoh: MES

MES - manufacturing execution system adalah sistem informasi pemonitor kinerja untuk operasi tempat kerja pabrik.
Pengendalian proses adalah penggunaan computer untuk mengendalaikan fisik yang terus berjalan. Sedangkan pengertian dari pengendalian mesin (Pengendalian numerik / numeric control) adalah penggunaan berbagai komputer untuk mengendalikan proses fisik yang terus berjalan.

Sistem sumber daya manusia
Fungsi HRM – human resources management melibatkan perekrutan , penempatan, evaluasi, kompensasi dan pengembangan karyawan dari sebuah organisasi.

Tujuan HRM adalah penggunaan human resources yang efektif dan efisien dalam perusahaan.
Sistem sumber daya manusia didesain untuk mendukung hal- hal sebagai berikut:
1. perencanaan untuk memenuhi kebutuhan personel perusahaan
2. mengembangkan potensi karyawan
3. mengendalikan semua kebijakan dan program personel
Awalnya perusahaan menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk 1. menghasilkan cek gaji dan laporan penggajian 2.memelihara catatan karyawan 3. menganalisis penggunaan personel dalam operasi bisnis. Kini fungsi manejemen personel tradisional ini telah mulai ditinggalkan beralih ke sistem informasi sumber daya manusia (HRIS- human resources information system) yang juga mendukung (1) perekrutan, pemilihan ,dan pemberian pekerjaan (2) penempatan kerja (3) penilaian kinerja (4) analisis manfaat karyawan (5) pelatihan dan pengembangan serta,(6) kesehatan, kesalahan dan keamanan.

Human resources information dan Internet – Internet memiliki informasi yang banyak jumlahnya untuk pemberi kerja dan pencari kerja.

Human resources information dan Intranet – Intranet memungkinkan perusahaan untuk memproses berbagai aplikasi human resources information.

Manfaat dari intranet adalah sebagai berikut:
1.memungkinkan departemen SDM untuk memberikan layanan 24 jam ke pelanggan mereka : karyawan.
2.mengumpulkan informasi secara online dari para karyawan lainnya untuk melakukan berbagai tugas SDM dengan sedikit intervensi dari departemen SDM.
3.sebagai alat pelatihan yang superior.
4.untuk menghasilkan lembar gaji karyawan sebagai alternatif online kartu kerja.



Sistem akuntansi
-Sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi tertua dan paling banyak digunakan dalam perusahaan. Mereka mencatat dan melaporkan berbagai transaksi bisnis dan kegiatan ekonomi lainnya.
-Sistem akuntansi berbasis komputer mencatat dan melaporkan arus dana melalui pengaturan dan pembuatan laporan keuangan seperti neraca dan laporan laba rugi serta prakiraan laporan keuangan dan anggaran keuangan.
-Sistem akuntansi operasional menekankan pemeliharaan catatan historis dan pembuatan laporan keuangan historis seperti neraca dan laporan laba rugi.
-Sistem akuntasi manejemen sendiri lebih menekankan pada laporan akuntansi biaya ,dan laporan analitis yang membandingkan kinerja yang sesungguhnya diperkirakan.
-Sistem akuntansi online – Hal ini bukan hal yang mengejutkan, sistem akuntansi seperti ini bersifat online dan interaktif membutuhkan bentuk baru dokumen transaksi ,prosedur dan pengendalian. Terutama untuk sistem seperti pemrosesan pesanan ,pengendalian persediaan,piutang dan utang usaha.


Sistem manejemen keuangan
Proses penganggaran modal melibatkan pengevaluasian tingkat laba dan dampak keuangan dari pengeluaran modal yang diusulkan.Proses pengeluran jangka panjang untuk fasilitas dab perlengkapan dapat dianalisis dengan menggunakan berbagai teknik evaluasi atas pengembalian investasi (return on investment - ROI). Aplikasi ini sangat banyak menggunkan model spreadsheet yang menggabungkan analisis nilai sekarang dari perkiraan arus kas serta analisis probabilitas risiko untuk menetapkan bauran maksimum dari berbagai proyek modal untuk perusahaan.
Spreadsheet elektronik dan software perencanaan keuangan merupakan sebagian alat yang digunakan analis keuangan untuk mengevaluasi kinerja saat ini dan memperkirakan suatu bisnis.
Paket software spreadsheet elektronik, software DSS, dan groupware berbasis Web dapat digunakan untuk membengun serta memanipulasi model-model keuangan.

Bookmark and Share