Famous

Backgrounds
Fashion Backgrounds
Glitter Text Generator

Selasa, 06 Maret 2012

Tren Komunikasi Tahun 2012

Pergantian tahun sudah di depan mata. Seperti biasa segala macam ramalan dan prediksi trend soal macam-macam hal dibuat. Mulai dari ramalan kehidupan percintaan, bisnis, hingga trend fashion dan tren seputar ekonomi dan pasar modal. Kurang lengkap rasanya kalau bidang komunikasi tidak ikut mengeluarkan trend. Berikut ini delapan hal yang akan menjadi trend tahun depan seputar dunia komunikasi dan public relations.

Laporan kepada Stakeholder

Keberhasilan atau kegagalan perusahaan umumnya hanya dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti dewan komisaris atau para pemegang saham, bahkan kepada karyawan dan para buruh. Mungkin di Indonesia ini bukan hal yang umum tapi di beberapa negara seperti Australia hasil yang diperoleh perusahaan juga dilaporkan kepada para karyawan, pelanggan, termasuk kepada orang-orang yang punya kemampuan mempengaruhi opini publik. Hal ini tampaknya akan menjadi tren tahun depan, terutama ketika brand awareness telah menjadi bagian yang diperhitungkan dalam neraca keuangan.

Nb : Jika Anda tanya mengapa produk saya tidak dikenal orang? Kalah sama merek ternama?....Jawabnya apa Anda sudah membentuk brand awareness produk Anda?....Anda seorang marketing?..Think about it twice! Marketing is unlimited just like creativity....

Konvergensi TV Sosial

Ada hal menarik dari aplikasi-aplikas yang ada saat ini. Mungkin Anda pernah dengan tentang aplikasi Get Glue. Dengan aplikasi ini Anda dapat “check in” dalam sebuah program televisi dan berbincang-bincang dengan orang-orang di seluruh dunia yang sedang menonton program yang sama. Hal ini memungkinkan kita mengulas sebuah program, membicarakan tentang hal yang terjadi seputar program tersebut, serta mendengarkan pembicaraan orang-orang. Hal ini juga berlaku untuk music dan film. Jika benar proyek terakhir Steve Jobs sebelum ia mangkat adalah iTV, maka hal ini akan jadi sangat populer tahun depan. Siap-siap saja.

Nb: Kapan ada di Indonesia ya? hahaha.......ini negara demokratis kan ya?.........XD

Integrasi Semua Bidang

Integrasi akan menjadi kata kunci sekaligus hal yang sangat krusial tahun depan. Saat ini kita bicara tentang mobile, sosial, marketing, public relations, iklan, direct mail,surat elektronik (surel), customer service, dan sales seperti masing-masing bekerja dalam silo. Pada tahun 2012 hal ini harus diintegrasikan. Customer service tidak bisa bekerja tanpa kita bicara soal sales. Sales membutuhkan public relations. Dan mobile tidak bisa hidup tanpa marketing. Kita akan melihat bidang-bidang ini bekerja sama seperti mereka berada dalam satu lingkaran, dan bukan di dalam silo.

Nb: Ini yang paling sulit ketika sebuah perusahaan tidak dikelola dengan baik, tidak ada komunikasi yang baik dan terbuka antara satu divisi dengan divisi yang lain maka seringkali mereka tidak bisa memaintain dengan baik standard operasional mereka, data base customer , serta target perusahaan mereka secara kontinu, kehilangan penjualan karena ketidak sinergian integrasi antar divisi dalam perusahaan sering kali kehilangan penjualan, pelanggan dan makin lama makin surut. Satu - satunya buang ego dan komunikasi yang baik.

Hasil = Jumlah Rupiah

Jika tidak mengukur hasil dalam ukuran rupiah, maka Anda akan kehilangan pekerjaan tahun depan. Anda sepertinya perlu belajar tentang marketing, manajemen produk, dan akuntansi dasar agar dapat melakukan hal tersebut dengan efektif.

Nb: Bisa mengatur harga, profit, keuntungan, dan pengeluaran tetap harus diatur bersamaan jika salah satu saja. Target perusahaan pun tidak akan tercapai dan makin lama makin merosot.

Email Marketing

Meski terdengar usang, tapi email marketing akan tetap efektif digunakan tahun depan. Memang surel bukan mainan baru yang berkilau layaknya media sosial. Malah surel terdengar oldies. Tapi hal tersebut masih tetap efektif. Hampir semua orang menggunakan surel saat ini, dan belum semua orang menggunakan jejaring sosial. Jadi, ya, email marketing masih akan menjadi tren tahun depan.

Sistem Pembayaran yang lebih Mudah

Tahun depan urusan bayar membayar akan lebih mudah dan cepat. Apple Store misalnya. Mereka telah memiliki aplikasi pembayaran yang membuat orang tidak perlu antri di kasir. Hal yang perlu dilakukan hanya mengunduh Apple app, memindai bar code, dan total pembelian pun akan keluar. Tagihan tersebut akan ditagihkan melalui akun iTunes dan Apple akan mengirimkan struk pembayaran Anda melalui surel. Mudah dan cepat. Hal serupa juga telah dilakukan di Starbucks. Tahun depan kemudahan-kemudahan semacam ini akan lebih sering kita jumpai.

Nb: Seringkali kita lupa untuk merasakan bagaimana jika kita menjadi pelanggan. Apalagi di saat ini pelanggan seringkali meminta hal - hal yang memudahkan kehidupan mereka. Salah satunya dengan pembayaran dengan mesin kasir, mesin auto debet, kartu kredit, atm dan lain sebagainya. Optimize u'r facility!! For everlast life for u'r company!!

Jejaring Sosial Baru

Kita sepertinya telah memiliki cukup banyak situs jejaring sosial. Namun, mereka masih akan terus bermunculan tahun depan. Beberapa di antaranya akan cukup menarik. Misalnya saja platform yang dimiliki Pinterest. Platform ini bertujuan untuk mendorong penjualan. Samuel Gordon Jewelers telah menggunakannya dan merilis kontes Pinterest pertama mereka yang bertajuk “Pin to Win”. Keberhasilannya tentu masih harus diuji, namun kita akan melihat bagaimana pemilik merek memanfaatkan hal ini dan jejaring baru yang akan muncul tahun depan.

Nb : Jejaring sosial adalah media yang sangat irit, jangkauan yang luas. Namun bisa jadi pisau bermata dua. Bisa jadi baik atau buruk. Anda bisa sharing apa saja. Tapi ingat lawan Anda juga mampu memonitor Anda di jejaring sosial. :)

Cetak Bergeser ke Tablet

Tahun depan produk cetak sepertinya akan bergeser ke tablet. Misalnya saja katalog-katalog yang semula dicetak, tahun depan akan berubah ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan di tablet PC Anda. Hal ini tentu akan lebih ramah lingkungan karena itu berarti akan mengurangi pemakaian kertas.

Nb : Salah satu bentuk Green Marketing nice!!

Tidak ada komentar:

Bookmark and Share