Famous

Backgrounds
Fashion Backgrounds
Glitter Text Generator

Kamis, 07 Mei 2009

DEFINISI FILSAFAT ILMU

DEFINISI FILSAFAT ILMU DEWASA INI

Berbagai definisi philosophy of science dari para filsuf dapat dikutipkan sebagai berikut:

Robert Ackermann – filsafat ilmu adalah sebuah tinjauan kritis dewasa-dewasa ini dengan perbandingan terhadap pendapat-pendapat lampau yang telah dibuktikan atau dalam kerangka-kerangka ukuran yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu,tetapi filsafat ilmu demikian jelas bukan suatu cabang ilmu yang bebas dari praktek ilmiah senyatanya.

Lewis White Beck– filsafat ilmu mempertanyakan dan menilai metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan.

A. Cornelius Benjamin – cabang ilmu filsafati yang merupakan telaah sistematis mengenai sifat dasar ilmu.

May Brodbeck – analisis yang netral secara etis dan filsafati,pelukisan dan penjelasan mengenai landasan-landasan ilmu.

Alfred Cyril Ewing– filsafat ilmu biasanya diterapkanpada cabang logika yang membahas dalam suatu cara yang dikhususkan mmetode-metode dari ilmu-ilmu yang berlainan.

Antony Flew –ilmu empiris yang teratur menyajikan hasil yang paling mengesankan dari rasionalitas.

A.R Lacey – Terutama studi tentang bagaimana ilmu bekerja atau seharusnya bekerja.
John Macmurray – Utamanya bersangkutan dengan pemeriksaan kritis terhadap pandangan-pandangan umum,prasangka-prasangka alamiah yang terkandung dalam asumsi-asumsi ilmu-ilmu atau yang berasal keasyikan dari ilmu.

D.W Theobald – ilmu dalam garis besarnya bersangkutan dengan apa yang dapat dianggap sebagai fakta tentang dunia yang kita diami. Filsafat ilmu dipihak lain garis besarnya pula bersangkutan dengan fakta-fakta mengenai fakta- fakta tentang dunia.
Filsafat ilmu adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia.Landasan ilmu itu mencakup:
-Konsep-konsep pangkal
-Anggapan-anggapan dasar
-Asas-asas permulaan
-Struktur-struktur teoritis
-Ukuran-ukuran kebenaran ilmiah
Dolls with Words Myspace Comments
MyNiceSpace.com
Filsafat ilmu merupakan suatu bidang pengetahuan suatu bidang pengetahuan campuran yang eksistensi dan pemekarannya bergantung pada hubungan timbal balik dan saling pengaruh antara filsafat dan ilmu. Istilah yang terdapat dalam kepustakaan asing untuk menyebut bidang pengetahuan ini ialah:
-Filsafat ilmu
-Teori ilmu
-Adi-ilmu
-Metodologi
-Ilmu tentang Ilmu

Filsuf Rudolf Carnap memberikan definisi ilmu tentang ilmu adalah analisis dan pelukisan tentang ilmu dari berbagai sudut tinjauan,termasuk logika,metodologi,sosiologi dan sejarah ilmu.

Pembagian bidang pengetahuan ilmiah akan tercapai kejelasannya dan menghindari dari kesimpang siuran,bilamana dibedakan secara tegas pembagian ilmu berdasarkan:
jenis
-memakai isi substantive dari pengetahuan ilmiah sebagai dasarnya.
-orang dapat sertamerta mengetahui secara garis besar sasaran apa saja yang termasuk --dalam masing-masing rumpun atau cabang ilmu yang bersangkutan.
ragam
-menunjukkan suatu ciri tertentu dari segugusan pengetahuan ilmiah. Pada dasarnya pembagian ini tidak memerinci berbagai cabang ilmu.
-Orang tidak dapat seketika memperoleh gambaran tentang apa yang ditelaah ataupun lingkupan masing-masing ragam ilmu yang ditetapkan.


Bookmark and Share